Selasa, 07 September 2010

Honda Jazz adalah fenomena dunia

Ribuan undangan terpana saat menyaksikan peluncuran All New Honda Jazz di Plaza Senayan, Jumat malam. Sebuah acara terbilang spektakuler, mengundang decak kagum dan tepuk tangan riuh saat menikmati permainan laser yang didominasi warna hijau dipancarkan ke langit kemudian turun ke tengah panggung. Lambang kebesaran Honda (huruf H) dan sebuah text-running laser berwarna biru yang bertuliskan All New Honda Jazz pun muncul.
Sejak diluncurkan secara global tahun 2001, Honda Jazz telah membuat para pengguna mobil di dunia 'jatuh hati'. Sedan hatchback ini mencatat penjualan 2 juta unit di 115 negara di seluruh dunia. Di Indonesia, Honda Jazz terjual sebanyak 96.656 unit dan secara konsisten mendominasi di antara kompetitornya.
Hadirnya Honda Jazz di pasar otomotif Tanah Air sejak 2003 lalu, telah menjadi fenomena tersendiri terhadap bangkitnya sedan kelas hatchback. Tingkat pertumbuhan jenis ini terbilang luar biasa. Pembelinya tak hanya anak muda tetapi juga para orang tua.
Di tengah situasi ekonomi yang terus menghimpit, harga BBM baru saja naik serta kemacetan dimana-mana, nyaris tak berpengaruh pada angka penjualan. Buktinya, grafik penjualannya terus memuncak, dan Honda Jazz mengambil bagian paling besar.
PT. Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) sadar betul dengan fenomena itu. Makanya, saat peluncuran All New Honda Jazz, HPM tak mau setengah-setengah. Kabarnya untuk membuat spesial efek sinar laser, dieditnya saja di Australia. Hasilnya memang fantastis meski harus mengeluarkan dana milyaran rupiah.
Di kelas ini, Honda jelas tidak bermain sendiri. Ada banyak kompetitor, seperti Toyota dengan Yaris-nya, Daihatsu menampilkan Sirion, Suzuki menghadirkan Swift, ditambah dua Korea Hyundai Getz dan Kia Picanto serta General Motors dengan Aveo-nya. Tetapi, Honda Jazz tetap menjadi raja di kelasnya. Posisi itu tetap tak tergoyahkan. Mengapa?
Yukihiro Aoshima, President Director PT Honda Prospect Motor pun menjelaskan, bahwa "Honda Jazz tidak bisa disandingkan dengan mobil-mobil lain di kelasnya. Jazz telah membuktikan sebagai mobil yang diakui dunia internasional dengan catatan penjualan dan penghargaan secara global."
Sebagai mobil dengan kualitas dunia, menurut Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM, Honda Jazz selalu mengedepankan teknologi terkini. Memiliki mesin yang memadukan tenaga terbesar di kelasnya dengan efisiensi bahan bakar, kabin yang lapang, fitur-fitur inovatif, desain yang sporty dan stylish semakin menegaskan Honda Jazz sebagai mobil hatchback terlengkap.
All New Honda Jazz dilengkapi dengan Mesin i-VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control with Intelligent) baru berkapasitas 1500cc (1,5L) yang mampu menghasilkan kekuatan maksimum 120 PS pada 6.600 rpm, dan torsi maksimum 14.8 kgm pada 4.800 rpm.
Kinerja mesin i-VTEC ini didukung oleh teknologi Drive by Wire (DBW), yang menggantikan cara kerja throttle konvensional yang menggunakan kabel. Selain itu juga membantu menghindari terjadinya hentakan ketika pedal gas diinjak secara mendadak atau saat melakukan manuver untuk parkir.
Semua teknologi yang diterapkan pada mesin i-VTEC 1.5 liter SOHC sudah memenuhi syarat kadar emisi EURO 4 yang menjadikannya sebagai mesin yang ramah lingkungan.
Dengan diterapkannya Unique Central Layout Fuel Tank memungkinkan kabin yang lapang sekaligus fungsional. Karena selain dapat memuat lima orang dewasa dengan nyaman, kabin All New Honda Jazz juga menawarkan fungsi penyimpanan barang yang sangat fleksibel.
Fitur asli Honda, ULTRA Seat memberikan kebebasan untuk mengatur konfigurasi tempat duduk sesuai kebutuhan, ditambah fitur Paddle Shift memungkinkan pengemudi memindahkan transmisi langsung dari roda kemudi, layaknya mengendarai sebuah mobil Formula 1.
Desain bodi monocoque dirancang dengan menerapkan teknologi G-Force Control (G-CON) yang secara efektif menyerap dan menyebarkan energi benturan saat terjadi tabrakan.
All New Honda Jazz sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution) dan BA (Brake Assist). Untuk tipe RS, dilengkapi SRS Airbag.
Mobil ini sudah memenuhi standar keamanan tertinggi di kelasnya dengan meraih sertifikat bintang 6 dari JNCAP (Japan New Car Assesment Program).
Ada 8 warna menarik yaitu Alabaster Silver Metallic, Silverstone Metallic, Nighthawk Black Pearl, Brilliant White Pearl, Rallye Red Pearl, Irish Red Pearl, Cerulean Blue Metallic yang merupakan warna baru serta Spearmint Green Metallic yang ditawarkan sebagai special edition.
Mau tahu harganya? Untuk tipe standar, Rp160 juta transmisi manual dan Rp170 juta untuk automatic, sedangkan tipe RS dijual dengan harga Rp172,5 juta versi manual dan Rp180 juta automatic. Siapkan dana dan sabar menanti, karena daftar indennya sudah semakin panjang. Tapi, konsumen tetap rela menunggu. Inilah fenomena!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar