Selasa, 07 September 2010

sejarah motor Honda

K ita tidak bisa bicara soal sepeda motor Honda tanpa mengaitkannya dengan Soichiro Honda dan mimpinya, pada tahun 1948 ketika ia berumur 41 tahun, ia membangun Honda Motor Company dengan modal tidak lebih dari tiga juta.

Didorong oleh visi Mr. Honda, perusahaan tersebut berkembang dengan pesat, hanya dalam kurun waktu satu tahun setelah perusahaan tersebut berdiri, ia menciptakan D-Type: sepeda motor Honda yang pertama dan sepeda motor modern jepang yang pertama.

Selain sebagai seorang pemimpi, Mr. Honda juga seorang racer dan seorang manufacturer yang hebat. Ia juga mempunyai kemampuan sebagai seorang bisnisman yang menjadikan Honda Motor Company dan sepeda motor Honda menjadi seperti sekarang ini setelah 56 tahun; salah satu perusahaan manufaktur utama sepeda motor dan mobil di seluruh dunia.

Ada beberapa hal dan fakta-fakta menarik dari sejarah awal sepeda motor Honda yang belum anda ketahui….sooo keep on reading bro…..

1947 – berawalnya cerita….... Soichiro Honda merancang produk pertamanya: Mesin sepeda A-Type.

1948 – Berdirinya Honda Motor Company.

1949 - Honda menciptakan sepeda motor D-Type pertamanya, yang lebih dikenal sebagai the Dream.

1952 – Honda menciptakan F-Type 50 cc Cub pertamanya. Sebuah mesin kecil yang hubungkan dengan roda sepeda.

MODEL PENTING
Sepeda motor tipe F-Type 50 cc Cub yang kemudian dilibatkan dalam 50 cc Super Cub (1958). Kombinasi brilian antara sebuah moped dan scooter ini merupakan model yang sangat penting dalam sejarah sepeda motor Honda dan merupakan factor kunci bagi kesuksesan masa depan perusahaan.

Dampak dari penemuan ini dalam sejarah sepeda motor Honda:
Pada November 1952, produksi mereka sekitar 7,000 unit mewakili 70% dari total produksi sepeda motor jepang pada tahun tersebut.

Berkat 50 cc Cub, dari tahun 1953 sampai 1954 sepeda motor Honda memimpin penjualan di pasar local. Hal tersebut sangat berarti dimana pada saat ini merupakan saat yang sangat kompetitif dengan banyaknya manufaktur lain bersaing.

MODEL KUNCI LAINNYA
Mesin Tipe J-Series (53-58)
Walaupun diciptakan setelah sepeda motor Jerman, penjualan model J, JA, JB and JC merupakan sumber pendapatan Honda di awal tahun-tahun sulit tersebut.

Seperti kita ketahui, Honda hampir gulung tikar pada tahun 1954 akan tetapi hal tersebut berakhir dengan meyakinkan bank untuk meminjamkan Honda dana yang cukup untuk membeli peralatan mesin buatan US dan Jerman. Upgrade dalam teknologi peralatan mesin ini merupakan komponen kunci yang menjadikan Honda produsen sepeda motor yang mendominasi dunia pada awal 60an.
Penjualan tipe J-Series merupakan perkembangan kunci dalam sejarah Honda.

Sepeda motor Honda juga memahami dengan cepat bahwa produksi harus di back up dengan promosi penjualan, dan berikut inovasi-inovasi sepeda motor Honda :

• Perusahaan manufaktur Jepang pertama yang mengeksport ke US pada September 1954.

• Yang pertama membangun race track milik sendiri untuk penelitian dan perbaikan serta pengembangan mesin-mesin mereka pada May 1958.

• Perusahaan manufaktur jepang yang pertama keluar negeri dengan American Honda Motor Co., Inc. di Los Angeles pada tahun 1959

• Perusahaan manufaktur pertama yang memberikan garansi satu tahun.
Sebelum tahun 1958 kebanyakan sepeda motor Jepang merupakan copy dari sepeda motor Amerika dan Eropa, tetapi mesin mereka tipe CS71 merupakan inspirasi bagi mesin C70 series, yang akhirnya melahirkan suatu gaya Jepang yang unik.
Ada sebuah anekdot yang mengatakan bahwa Soichiro Honda percaya kepada hal-hal yang berbau mistis, rancangan-rancangan sepeda motornya dikatakan mengikuti bentuk-bentuk yang ada pada kuil Shinto.

MODEL PENTING
Honda Dream CS71 (1958) merupakan model motor sport pertama dari Honda dengan mesin yang bagus yang nantinya terlibat dalam pengembangan CB72 (1960).

The CB72 menjadi sangat pepuler di seluruh dunia sehubungan dengan harga dan rasio performanya.

Pada tahun 1959 Honda membuat debut mereka dalam Isle of Man TT, yang merupakan ajang balap terbesar didunia pada saat itu. Event ini jika dibandingkan dengan event-event sekarang sama dengan Tour de France, Piala Dunia dan Super Bowl.

Pada ajang tersebut Honda memperoleh peringkat 6, 7, 8 dan 11 dari lima pembalapnya. Hal tersebut menandakan masuknya sepeda motor Jepang kepada dunia dan persaingan global.

HONDA MOTORCYCLES
1950's
1950 Dream D-type
1958 50cc Super Cub
1959 Benly C92
1960's
1960 CB72
1966 CB450 M
1966 P50
1967 Z50M Monkey
1969 CB750 FOUR
1970's
1970 CT70
1971 CB500F
1972 CB350F
1972 CR250M Elsinore
1975 CB400F
1975 GL1000 Gold Wing
1979 CBX1000
1980's
1981 CX500
1983 VF1100C
1983 VF750
1985 NS400R
1986 CN250 Helix
1987 CBR600F
1987 Transalp XL600V
1987 VFR75OR
1988 GL1500
1989 PC800
1990's
1992 CBR900RR FireBlade
1994 RVF750
The 2000's are still being written, but we have some new models that will definitely make it to this list. Just check the CBR1000 RR and the NRX1800 Valkyrie Rune.


If you think this list is incomplete and you would like to add something, please do not hesitate to send me your comments, favorite model and even photos and I would happily add them to this site.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar