Selasa, 07 September 2010

peluncuran Honda All New CITY 2008

All new CITY
Akhir tahun 2008 ini PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali meluncurkan produknya. Kali ini varian yang ditawarkan All New City. Dengan tampilan barunya, mobil ini menjadi generasi ketiga Honda City.

Mengusung konsep desain "arrowshot" atau anak panah, All New Honda City terlihat sangat berbeda dengan generasi pendahulunya. Desain body tampak meruncing di semua lini, mulai dari bentuk grill yang menyiku dipadu head lamp "sipit" memanjang mirip yang digunakan Honda Odyssey.

Desain bumper depan dan spoiler dibuat mengacu mobil-mobil balap keluaran perusahaan Jepang tersebut agar tingkat aerodinamika bisa tercapai maksimal. Kemudian dibuat pula lubang udara yang cukup besar di spoiler untuk mengurangi hambatan angin saat melaju, juga sebagai pemberi asupan udara segar ke ruang mesin.

Dibelakang, All New City mendesain sesuai "buntut" anak panak yang mencabang. Kesan anak panah ini dimunculkan oleh desain high deck trunk dan cut off, yang juga memberi kontribusi untuk kelancaran aliran angin hingga ke body belakang. Selain itu bentuk bumper juga ditambahkan diffuser untuk menciptakan efek hisap dan gaya tekan ke permukaan jalan demi menjaga stabilitas ketika mobil itu dipacu pada kecepatan tinggi.

Bentuk lampu belakang juga berubah, kini mika lampu dibuat dua warna, merah dan putih tiga dimensi. "Rancangan bentuk lampu depan yang menyerupai mata elang dan lampu belakang yang terpancar terang ketika malam hari, ingin mengesankan kepada masyarakat, bahwa dengan melihat lampu tersebut saja orang sudah tahu bahwa itu mobil All New City." kata Yukihiro Aoshima, Presiden Direktur PT HPM, dalam sambutannya saat peluncuran All New City di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta, Kamis (27/11/2008).

Sisi interior pun ikut berbenah, HPM ingin menerapkan konsep "cozy Lounge" di dalam kabin mobil tersebut. Hal ini tercipta dengan dimensi ruang yang lebih panjang dan lebih lebar masing-masing 5mm dari generasi sebelumnya (4.395mm dan 16.95mm) dan lebih rendah 15mm (1.470mm).

Ada pula fitur reclining seat, yang memungkinkan kursi penumpang belakang bisa direbahkan ke belakang untuk mendapatkan posisi duduk yang lebih nyaman. Teknologi ini mungkin pertama kali diterapkan pada sebuah sedan, karena biasanya kursi penumpang belakang mentok dengan pembatas bagasi.

Selain itu ada pula sistem udara yang mampu menyerap udara bersih dari luar dan mengeluarkan udara kotor, sehingga penumpang selalu menghirup udara segar. kenyamanan ini makin diperlengkap dengan sistem tata suara yang sudah mengarah ke car teathre, yang mampu memancarkan iluminasi tujuh warna di dalam kabin. Sungguh menarik.

Sayang semua perubahan tersebut tidak dibarengi dengan perubahan sektor mesin. All New City menggunakan mesin 1.500cc varian yang sama yang digunakan All New Jazz yang juga baru diluncurkan beberapa bulan lalu. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 120hp pada putaran 6.600rpm. Meski demikian mesin i-VTEC didukung teknologi Drive by Wire yang menggantikan kerja throttle konvensional sehingga tidak terjadi lagi hentakan saat menginjak gas tiba-tiba.

Honda menawarkan enam warna pada All New City ini, habanero Read Pearl, New Deep Lapis Blue Metalic, Alabaster Silver Metallic, Polished Metal Metalic, Bold Beige Metalic dan Crystal Black Pearl. Dengan rentang harga Rp239 juta untuk yang transmisi manual dan Rp252 juta untuk yang automatic. Jika ingin yang sudah berfitur reclining seat silahkan merogoh kocek Rp247 juta manual, dan Rp260 juta yang otomatis. (ton)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar